Les Kimia Dengan Metode Terbaik Bersama Guru Les Privat Di Jakarta Timur

Guru les privat di Jakarta Timur saat ini sudah mulai eksis dalam dunia pendidikan khususnya di daerah Jakarta Timur. Dengan kehadiran guru les privat saat ini semakin memudahkan siswa untuk belajar. Menghadirkan guru les privat ke rumah tentunya harus dengan dukungan penuh dari orang tua siswa, harus ada kemauan yang kuat juga antara keduanya untuk belajar menjadi lebih baik dan berkualitas lagi. Dengan belajar bersama guru les privat pada umumnya para siswa akan mengalami peningkatan pemahaman materi belajarnya. Sistem yang digunakan dalam kegiatan les privat adalah belajar secara individual dalam artian kegiatan belajar hanya dilakukan antara seorang siswa dan guru les privat. Dengan begitu, kegiatan les privat akan sangat minim gangguan sehingga kegiatan belajar dapat terlaksana secara lebih fokus.

Les Kimia saat ini menjadi mata pelajaran yang paling diminta untuk kebutuhan les privat di Jakarta Timur. Tidak dapat dipungkiri bahwa mata pelajaran kimia saat ini menjadi mata pelajaran yang kurang disukai oleh siswa sekolah. Kesulitan dalam mata pelajaran kimia hampir sama dengan mata pelajaran matematika dan fisika. Kebanyakan para siswa memang kurang menyukai mata pelajaran yang kebanyakan adalah dan rumus. Tapi banyak yang para siswa tidak ketahui bahwasanya belajar matematika, fisika ataupun kimia akan terasa mudah dan menyenangkan jika kita dapat menemukan metode belajar yang tepat. Salah satu metode belajar kimia yang menyenangkan adalah active learning.

guru les kimia terbaik di jakarta timur

Pembelajaran aktif (active learning) atau “Acting” diupayakan untuk mengarahkan siswa dalam penguasaan materi kimia; belajar mengaplikasikan, bekerja sama dalam team, belajar memecahkan masalah; belajar mandiri bertanggung jawab untuk mencapai tujuan, dan belajar memahami dan menghargai orang lain.

“Silberman (2007) berpendapat bahwa belajar aktif adalah pembelajaran dimana siswa melakukan sebagian besar pekerjaan dengan menggunakan otaknya untuk mempelajari gagasan-gagasan, memecahkan berbagai masalah, dan menerapkan apa yang mereka pelajari. Pembelajaran efektif dan efisien, menyenangkan, menarik dan unik untuk dipelajari.”

Karakteristik siswa yang beragam, gaya belajar yang berbeda-beda mengharuskan guru membuat pembelajaran menjadi mudah dan menarik dengan menggunakan konteks kehidupan nyata mereka. Sehingga mereka tidak lagi menganggap “Chemistry is difficult” but “Chemistry is easy.”

Beberapa metode, media, dan alat peraga yang yang dapatlakukan dalam menerapkan pembelajaran “Acting” di kelas, adalah sebagai berikut:

1) Chil Book. Sebuah buku kecil yang berisi inti sari/ringkasan rumus-rumus kimia. Kegiatan ini dilakukan dengan merangkum catatan-catatan ceramah kelas sehingga dapat mendorong siswa memetakan catatan-catatannya. Dengan demikian, siswa merasa bertanggung jawab terhadap belajar mereka.

2) Mind Map. Kegiatan ini merupakan salah satu cara belajar aktif siswa secara individual dan membantu meningkatkan daya ingat mereka dalam belajar. Kegiatan dilakukan dengan memberi penugasan pada siswa untuk setiap materi pokok/bab baru yang akan dipelajari. Siswa dapat belajar semakin efektif dan efisien, karena belajar berpikir reduktif, dengan merangkum informasi yang banyak ke dalam konsep-konsep utama yang saling berhubungan ke dalam sebuah diagram atau gambar yang mencakup keseluruhan konsep-konsep yang dipelajari.

3) Menghafal. Kegiatan ini dilakukan untuk menanamkan materi verbal di dalam ingatan. Sebelum pembelajaran dimulai satu atau dua orang siswa harus maju ke depan kelas untuk menghafal yang bertujuan untuk melatih siswa berpikir sederhana, seperti mengingat dan menghafal golongan unsur yang terdapat dalam tabel periodik, misalnya golongan, nama unsur, nomor atom, massa atom yang sering digunakan dalam pelajaran kimia.

4) Puisi, Lagu, dan Teka-Teki. Pembelajaran ini saya buat hanya sebagai selingan, menciptakan suasana yang tidak tegang dengan mengedepankan pentingnya mengembangkan otak sebelah kanan. Otak sebelah kanan adalah bagian yang berkaitan dengan imajinasi, estetika, intuisi, irama, musik, gambar, dan seni. Siswa diminta untuk membuat konsep kimia melalui puisi, nyanyian, maupun permainan teka-teki.

Itulah metode yang dapat digunakan agar belajar kimia terasa menyenangkan, untuk lebih memudahkan siswa dalam belajar segera daftarkan mereka untuk mengikuti kegiatan les kimia bersama guru les privat di Jakarta Timur .

Hubungi 083812125501

Iklan

One thought on “Les Kimia Dengan Metode Terbaik Bersama Guru Les Privat Di Jakarta Timur

  1. Ping-balik: Les Fisika Terbaik Di Jakarta Timur Hanya Bersama Guru Les Privat Di Jakarta Timur – Sentra Privat (021) 9022 3559 / 0838 1212 5501

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s